1. Pertumbuhan
Penduduk
Ø Jelaskan
Definisi pertumbuhan individu?
Ø Jelaskan
fase pertumbuhan individu (buat gambarnya juga)?
Ø Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan individu?
Definisi
pertumbuhan individu
Pengertian
pertumbuhana individu
Terjadinya perubahan pada seseorang secara tahap demi
tahap karena pengaruh baik dari pengalamaan atau empire luar melalui panca
indra yang menimbulkan pengalaman dalam mengenai keadaan batin sendiri yang
menimblkan reflexions
Fase pertumbuhan individu
Pertumbuhan individu sejak lahir sampai masa dewasa atau
masa kematangan itu melalui beberapa fase sebagai berikut:
a.
Masa
vital yaitu dari 0 sampai kira-kira 2 tahun
Pada
masa vital ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan
berbagai hal dalam dunianya.
b.
Masa
estetik dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun
Masa
ini dianggap sebagai masa pertumbuhan rasa keindahan. Sebenarnya kata estetik
diartikan bahwa pada masa ini pertumbuhan anak yang terutama adalah fungsi
pancaindera. Pada masa ini pula tampak munculnya gejala kenakalan yang umumnya
terjadi antara umur 3 tahun sampai 5 tahun. Anak sering menentang kehendak
orang tua, kadang-kadang menggunakan kata-kata kasar, dengan sengaja melanggar
apa yang dilarang dan tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
c.
Masa
intelektual (Masa keserasian bersekolah) dari kira-kira umur 7 tahun sampai
kira-kira umur 13 tahun atau 14 tahun
Setelah
anak melewati masa kegoncangan yang pertama, maka proses sosialisasinya telah
berlangsung dengan lebih efektif sehingga menjadi matang untuk dididik daripada
masa sebelum dan sesudahnya.
d.
Masa
sosial kira-kira umur 13 tahun atau 14 tahun sampai kira-kira umur 20 tahun
atau 21 tahun, yaitu terdiri dari masa pra remaja, masa remaja, dan masa usia
mahasiswa.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan invidu
a.
Faktor
Natavistik
Faktor yang dibawa
sejak lahir.
b.
Faktor
pendiri Emperistik dan Environmentalistik
Pertumbuhan individu
semata-mata tergantung pada lingkungan
sedang dasar tidak
berperan sama sekali.
c.
Faktor
pendiri konvengsi dan interaksionisme
·
Konsepsi
konvergensi yaitu menganggap pertumbuhan individu itu ditentukan
·
oleh
dasar ( bakat ) dan lingkungan,
·
Konsepsi
Interaksionisme Yang berbanding dinamis yang menyatakan bahwa interaksi antara
dasar dan lingkungan dapat menentukan individu.
Adapun Ki Hajar Dewantara ,tokoh pendidikn kita juga
mengemukakan adanya dua faktor yang mempengaruhi perkembangan individu yaitu
faktor dasar atau pembawaan (faktor internal ) dan faktor ajar atau lingkungan (faktor eksternal).
Faktor
–faktor eksternal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak antara lain :
1.
faktor
teman sebaya , makin bertambah umur anak makin memperoleh kesempatan lebih luas
untuk mengadakan hubungan-hubungan dengan tteman-teman sebayanya.makin
kecil kelompoknya , anak akan mendapat
kesempatan menjalin hubungan lebih erat
dengan temannya.dengan demikian makin besar pengaruh kelompok itu
terhadap anak , bila dibandingkan dengan kelompok yang besar yang
anggota-anggota kelompoknya tidak tetap.]
2.
Budaya
,bagi perkembangan anak didik keragaman budaya sangat besar pengaruhnya bagi
mental dan moral mereka. Ini teerbukti dengan sikap dan prilaku anak didik
selalu dipengaruhi oleh budaya –budaya yang ada dilingkungan tempat tinggal
mereka.pada masa-masa perkembangan, seorang anak didik sangat mudah dipengaruhi
oleh budaya-budaya yang berkebang di masyarakat , baik budaya yang membawa ke
arah prilaku yang negative.
3.
media
masa juga sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan seseorang. Denngan adanya
media masa seorang anak dapat mengalami masa partumbuhan dan perkembangan dengan pesat , misalnya televisi melalui
program acaranya dapat memberikan informasi yang bisa mempenngaruhi
perkembangan anak.
4.
pendidikan
, baik pendidikan keluarga, pendidikan formal di sekolah maupun pendidikan
di masyarakat.
Faktor
internal yang mempengaruhi perkbangan individu antara lain :
1.
Kondisi
indiviu
Individu berkembang sangat dipengaruhi kondisi kesehatan
fisik dan psikisnya. Kondisi fisik yang kurang baik , misalnya anak mengalami
cacat tubuh akan mempengaruhi tempo perkembangannya .begitu juga , jika anak
mengalami kondisi psikis kurang baik , misalnya emosi yang kurang stabil akan
mempengaruhi kualitas perkembangannya juga.termasuk juga dalam faktor ini
faktor herediter, yaitu faktor keturunan dari mana individu itu berasal sangat
menentukan perkembanganya.
2.
kemampuan
penyesuaian pribadi dan social individu.
Kemampuan penyesuaian diri berkaitan dengan bagaimana
individu itu menempatkan diri dalam lingkungannya. Jika individu itemu dapat
diterima di lingkungannya , akan membuat perkembangannya optimal. Begitu juga
jika anak di tolak oleh lingkungannya akan menjadikan anak bermasalah sehingga
menghambat perkembanannya.
Baik fakktor internal maupun faktor eksternal akan dapat
mempengaruhi tempo atau kecepatan dan
sifat atau kualitas perkembangan individu .tetapi sejauh mana pengaruh kedua
faktor tersebut sulit untuk ditentukan , lebih-lebih lagi untuk dibedakan mana
yang penting dan kurang penting.
2. Fungsi
Kelurga
Ø Jelaskan
Definisi fungsi Keluarga?
Ø Sebutkan
dan jelaskan fungsi-fungsi keluarga?
Keluarga adalah salah satu kelompok atau kumpulan manusia
yang hidup bersama sebagai satu kesatuan atau unit masyarakat terkecil dan
biasanya selalu ada hubungan darah, ikatan perkawinan atau ikatan lainnya,
tinggal bersama dalam satu rumah yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga dan
makan dalam satu periuk.
Terdapat beberapa definisi keluarga dari beberapa sumber,
yaitu:
·
Keluarga
adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang
bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan
perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga
(Duvall dan Logan, 1986).
·
Keluarga
adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya
hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan
yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan
suatu budaya (Bailon dan Maglaya,1978 ).
·
Keluarga
merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan
beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap
dalam keadaan saling ketergantungan (Departemen Kesehatan RI, 1988).
Terdapat 5 fungsi keluarga dalam tatanan masyarakat,
yaitu :
1. Fungsi Biologis
·
Untuk
meneruskan keturunan
·
Memelihara
dan membesarkan anak
·
Memberikan
makanan bagi keluarga dan memenuhi kebutuhan gizi
·
Merawat
dan melindungi kesehatan para anggotanya
·
Memberi
kesempatan untuk berekreasi
2. Fungsi Psikologis
·
Identitas
keluarga serta rasa aman dan kasih sayang
·
Pendewasaan
kepribadian bagi para anggotanya
·
Perlindungan
secara psikologis
·
Mengadakan
hubungan keluarga dengan keluarga lain atau masyarakat
3. Fungsi Sosial Budaya atau Sosiologi
·
Meneruskan
nilai-nilai budaya
·
Sosialisasi
·
Pembentukan
noema-norma, tingkah laku pada tiap tahap perkembangan anak serta kehidupan
keluarga
4. Fungsi Sosial
·
Mencari
sumber-sumber untuk memenuhi fungsi lainnya
·
Pembagian
sumber-sumber tersebut untuk pengeluaran atau tabungan
·
Pengaturan
ekonomi atau keuangan
5. Fungsi Pendidikan
·
Penanaman
keterampilan, tingkah laku dan pengetahuan dalam hubungan dengan fungsi-fungsi
lain.
·
Persiapan
untuk kehidupan dewasa.
·
Memenuhi
peranan sehingga anggota keluarga yang dewasa
3. Jelaskan
definisi individu, keluarga dan masyarakat?
Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki
peranan khas di dalam lingkungan sosialnya,melainkan juga mempunyai kepribadian
serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Terdapat tiga aspek yang melekat
sebagai persepsi terhadap individu, yaitu aspek organik jasmaniah, aspek
psikis-rohaniah, dan aspek-sosial yang bila terjadi kegoncangan pada suatu
aspek akan membawa akibat pada aspek yang lainnya.
Keluarga adalah sekelompok orang yang mendiami sebagian
atau seluruh bangunan yang tinggal bersama dan makan dari satu dapur yang tidak
terbatas pada orang-orang yang mempunyai hubungan darah saja, atau seseorang
yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan yang mengurus keperluan hidupnya
sendiri.
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah
memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati
dalam lingkungannya. Ada beberapa pengertian masyarakat :
a.
Menurut
Selo Sumarjan (1974) masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama yang
menghasilkan kebudayaan
b.
Menurut
Koentjaraningrat (1994) masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang
berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu
dan terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.
c.
Menurut
Ralph Linton (1968) masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang hidup dan
bekerja sama dalam waktu yang relatif lama dan mampu membuat keteraturan dalam
kehidupan bersama dan mereka menganggap sebagai satu kesatuan sosial.
d.
Menurut
Karl Marx, masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan
organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara
kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi
e.
Menurut
Emile Durkheim, masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi
yang merupakan anggotanya.
f.
Menurut
Paul B. Horton & C. Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang
relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di
suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian
besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut
4. Jelaskan
hubungan antara individu, keluarga dan masyarakat?
HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUAGA, DAN MASYARAKAT
Individu berarti makhluk yang tidak dapat dibagi-bagi,
tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya yang disebut manusia. Terlepas
daripada itu keluarga dalam bentuk yang murni merupakan satu kesatuan sosial
ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama, dimana saja dalam satuan
masyarakat manusia. Sedangkan masyarakat itu timbul dari setiap kumpulan
individu, yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama dalam waktu lama.
Sehingga hubungan antara individu, keluarga, dan masyarakat saling berkaitan
satu dengan yang lain.
SUMBER REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar